Manfaat Teripang Emas Untuk Kesehatan

Manfaat Teripang Emas Untuk Kesehatan – Teripang, yang memiliki nama lain Stichopus Japonicus Selenka, Sea Slug, dan Tripang, adalah salah satu echinodermata yang memiliki kulit kasar dan kulit yang memanjang. Seperti semua echinodermata lainnya, timun laut ini juga memiliki endoskeleton di bawah kulitnya. Timun laut memainkan peran yang sangat penting dalam ekosistem laut karena akan membantu mendaur ulang nutrisi dan menghancurkan detritus.


Tapi, tahukah anda bahwa teripang juga bisa dijadikan makanan? Di China, orang menyajikannya sebagai makanan dengan berbagai resep. Padahal, selain itu sangat enak dimakan, teripang juga akan membawa Anda banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa ditawarkan timun laut ke tubuh Anda.



Menurut Dr. Ir. Ahkam Subroto, M.App Sc dari LIPI, beliau menyatakan bahwa teripang laut mengandung protein tinggi yakni mencapai 86, 8% yang sangat baik untuk di berikan pada penderita diabetes militus. Protein berperan meregenerasi sel beta prankeas yang di produksi insulin, yang hasilnya insulin pun meningkat.
Teripang emas (Golden Stichoupus Variegatus) memiliki puluhan lebih kandungan aktif yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan aktif yang terdapat pada teripang emas (Golden Stichoupus Variegatus), diantaranya :
  • Asam Amino
  • Asam Lemak Essensial
  • Asam Docosahexanat (DHA)
  • Antiseptik Alamiah
  • Cell Growth Factor (CGF)
  • Chondroitin
  • Philinopside A dan E
  • Gamapeptide
  • Glucasaminoglycans (GAGs)
  • Glucosamine
  • Glikosida Keratin
  • Lektin
  • Mineral
  • Mukopolisakarida
  • Omega 3, 6, dan 9
  • Protein 86,8%
  • Kolagen 80,0%
  • Dan masih banyak lagi kandungan aktif lainnya yang terdapat pada teripang emas ini.
Teripang emas (Golden Stichoupus Variegatus) selain masuk dalam kategori teripang unggulan, juga merupakan salah satu spesies teripang yang paling istimewa. Keistimewaan teripang emas ini adalah dengan kandungan aktif Gamapeptide yang dimilikinya.

Dimana kandungan aktif Gamapeptide ini hanya ada dan terdapat pada teripang emas (Golden Stichoupus Variegatus) saja dan tidak ditemukan pada spesies teripang manapun. Kandungan aktif Gamapeptide sendiri memiliki khasiat sangat baik untuk kesehatan tubuh, seperti :
  • Mampu menstabilkan emosi.
  • Mengurangi rasa sakit serta.
  • Mampu untuk mencegah inflamasi.
  • Mempercepat 3x penyembuhan luka luar dan dalam.
  • Mengaktifkan pertumbuhan dan mengaktifkan sel-sel.
  • Mampu memelihara sirkulasi darah agar tetap lancar.
  • Membuat kulit lebih muda dan meningkatkan kecantikan.


Manfaat Teripang Emas Bagi Kesehatan

Agar lebih jelas, simak manfaat teripang berikut ini!
  • Cegah Pembekuan Darah
    Manfaat Kesehatan Pertama dari Teripang Emas ini adalah untuk pembekuan darah. Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Brasil mengenai teripang yang dipublikasikan di Journal of Biological Chemistry. Ia menemukan bahwa teripang mengandung aktivitas anti koagulan berasal dari kondroitin sulfat yang akan mencegah penggumpalan darah.
    Jika kita membiarkannya tidak diobati, pembekuan darah bisa sangat berbahaya bagi kesehatan kita karena akan menyebabkan emboli paru, suatu kondisi dimana bekuan darah terakumulasi di paru-paru dan dengan demikian, akan membatasi aliran darah yang sangat fatal. Jadi, mengonsumsi teripang adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi Anda dari pembekuan darah.
  • Penyembuhan Luka
    Tahukah Anda bahwa teripang bisa sangat bermanfaat untuk membuat luka Anda hilang begitu cepat? Beberapa penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi timun laut dan ekstraknya dapat mempercepat penyembuhan luka Anda. Ketimun laut dikenal luas karena kemampuannya untuk menumbuhkan jaringan tubuhnya sendiri saat terluka dan beberapa penelitian percaya bahwa keuntungan ini akan sangat bermanfaat bagi manusia jika mereka mengkonsumsi timun laut.
    Faktanya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh bukti “Marine Drug” bahwa asam arachnodic yang terkandung dalam teripang adalah salah satu senyawa yang memiliki tanggung jawab untuk mempercepat penyembuhan luka.
  • Asupan Protein Tinggi
    Inilah salah satu manfaat terpenting bagi teripang. Echinoderm ini akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan protein Anda dan beberapa penelitian telah membuktikannya. Sebuah penelitian tentang teripang yang dilakukan oleh Direktur Institute for Traditional Medicine di Oregon menunjukkan bahwa protein yang terkandung di teripang lebih tinggi daripada makanan lainnya, kecuali putih telur.
    Selain itu, sebuah studi yang dilakukan di Harvard School of Public Health menyatakan bahwa asupan protein yang tinggi akan sangat berguna untuk melindungi orang dari penyakit kardiovaskular.
  • Mencegah Arthritis
    Beberapa penelitian juga percaya bahwa teripang dapat menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan arthritis dan nyeri sendi. Berkat senyawa yang disebut chondroitin sulfate. Kondroitin sulfat ini adalah salah satu komponen terpenting dalam tulang rawan.
    Bila Anda memiliki cukup jumlah kondroitin sulfat dalam tubuh, Anda akan cenderung menderita penyakit yang berhubungan dengan arthritis dan nyeri sendi. Sebuah studi yang dilakukan oleh H.Benedikt, D.C juga membuktikan bahwa Anda sangat disarankan untuk mengkonsumsi teripang untuk mengurangi nyeri sendi dan artritis.
  • Mencegah Kanker

Sebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan China yang dipublikasikan dalam “Cancer, Biology, and Therapy” membuktikan bahwa teripang mengandung senyawa yang disebut philipnoside E. yang sangat bermanfaat untuk menghambat terbentuknya pembuluh darah yang mengangkut nutrisi ke tumor.
Dengan demikian, aktivitas ini akan mencegah pertumbuhan tumor di tubuh Anda. Selain itu, teripang mengandung senyawa yang disebut triterpen glikosida. Senyawa ini akan sangat bermanfaat untuk merangsang aktivitas antitumor.

  • Senyawa Anti-mikroba
Teripang juga sangat manjur untuk menghambat aktivitas bakteri karena zat anti-mikroba yang disebut steroidal sapogennins. Ada penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti bernama Jawahar. Penelitian menemukan bahwa kecuali Lactobacillus sp, bakteri jenis lain seperti Escerichia coli, Aeromonas hydrophilia, Pseudomonas aeruginosa, dan lain-lain sangat sensitif terhadap ekstrak timun laut. Penelitian tersebut membuktikan bahwa sapogennin steroid sangat ampuh untuk membunuh aktivitas bakteri.

  • Senyawa Antiviral
Sama halnya dengan manfaat kesehatan lobster, ada juga beberapa bukti bahwa teripang memiliki senyawa antivirus yang bisa melindungi Anda dari penyakit mematikan yang terkait dengan virus. Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh periset yang disebut Maier, menunjukkan bahwa glikosida triterpen memiliki aktivitas antiviral yang sangat baik terhadap virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-1).
Juga sulfat kondroitin yang terkandung dalam teripang dapat menghambat infeksi human immunodeficiency virus (HIV), yang membuat teripang ini adalah makanan yang sempurna untuk dikonsumsi jika Anda ingin mengurangi gejala HIV AIDS. Dan jika Anda ingin melindungi diri dari HIV, Anda perlu mengkonsumsi makanan alami ini sesegera mungkin.

  • Aktivitas Anti-Inflamasi

Teripang juga dikenal luas karena aktivitas antiinflamasinya, yang sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit yang berhubungan dengan arthritis, misalnya. Bukti aktivitas antiinflamasi teripang berasal dari peneliti asal Malaysia yang melakukan percobaan pada tikus. Mereka menemukan bahwa suplemen mentimun laut dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada tikus jantan maupun betina.
Senyawa yang disebut glucosamine, mucopolysaccharides, dan chondroitin yang terkandung dalam teripang adalah senyawa terpenting yang bertanggung jawab untuk menghambat peradangan, dengan demikian, akan mengurangi rasa sakit pada pasien dari penyakit seperti arthritis.

  • Sifat antioksidan

Timun laut ternyata menjadi salah satu dari sedikit organisme laut yang mengandung antioksidan yang berharga. Ada beberapa penelitian yang membuktikan bahwa teripang mengandung jumlah antioksidan tinggi. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Zeng, seorang ilmuwan dari China, menyatakan bahwa teripang mengandung gelatin hyrosylates. Senyawa ini terbukti sangat ampuh untuk melawan radikal anion superoksida dalam kadar yang signifikan.

  • Anti Kelelahan dan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Timun laut ternyata menjadi sumber yang sangat bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Polipeptida yang terkandung dalam teripang adalah senyawa yang memiliki tanggung jawab untuk mempertahankan dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu, terungkap bahwa cairan oral yang terkandung dalam teripang bisa memperbaiki stamina dan energi.
Ada penelitian yang dilakukan pada tikus, dan tikus tersebut diberi cairan mulut teripang. Mereka diuji coba berapa lama mereka bisa berenang dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi cairan mulut teripang. Hasil uji itu adalah tikus yang diberi cairan oral teripang bisa berenang lebih lama dari tikus lainnya. Selain itu, diketahui bahwa setelah berenang, cairan mulut timun laut pada tikus mengalami penurunan yang signifikan.
Penelitian tersebut telah membuktikan bahwa cairan oral yang terkandung dalam teripang bisa sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina pada manusia.

  • Menyembuhkan Penyakit Gum

Meski manfaat teripang ini masih perlu penelitian dan percobaan lebih lanjut, namun beberapa ahli mengatakan bahwa ekstrak teripang bisa digunakan dalam bentuk pasta gigi. Pasta gigi ekstrak teripang mungkin bermanfaat bagi orang-orang yang menderita penyakit gusi. Pasta gigi timun ini diyakini sangat ampuh untuk menyembuhkan penyakit gusi akibat sifat penyembuhan anti-inflamasi, antibakteri, dan penyembuhan luka.

  • Senyawa Anti-Trombotik

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti bernama Zarcan dan Mourao membuktikan bahwa timun laut mengandung polisakarida sulfat yang unik, yang akan sangat menghambat P-dan L-selectin. Ada juga hasil sebuah penelitian yang menyatakan bahwa timun mentimun menghasilkan fragmen depolimerisasi (DHG) adalah agen antitrombotik yang esensial.













terima kasih, semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar