Jenis Jenis Kepiting yang Ada Didasar Laut Maupun Ditepi Laut..



Apakah Anda Pernah Menjumpai Jenis Jenis kepiting Yang Ada Dibawah Ini??

Sahabat pastinya mengenal dengan hewan yang memiliki kaki banyak dan capit ini, karena baik diretoran terkemuka maupun warung makan biasa sahabat pastinya menjumpainya. Akan tetapi taukah sahabat jenis kepiting apa yang biasa dikonsumsi itu?


Untuk itu majalah hewan mencoba berbagi dengan sahabat semua jenis jenis kepiting yang ada di dunia ini, karena selain jenis kepiting laut ada juga jenis kepiting air tawar serta kepiting darat. Selain itu tidak semua jenis kepiting bisa dikonsumsi karena ada juga jenis kepiting beracun yang tentunya tidak baik untuk dikonsumsi.


Tidak hanya sekedar jenis keping yang akan majalah hewan sebutkan nanti, pastinya dilengkapi dengan gambar dan sedikit penjelasan, yang memudahkan sahabat untuk mengenali setiap jenis kepiting. Tidak ketinggalan pula nama latin kepiting atau nama ilmiahnya, juga disertai pula nama kepiting dalam bahasa inggris, agar pengenalan jenis jenis kepiting ini pada sahabat lebih lengkap.



1. Masked crab



Masked Crab ( kepiting bertopeng ) atau juga disebut dengan helmet crab or sand crab. Nama latin atau nama ilmiahnya Corystes cassivelaunus. Kepiting ini ukuranya sekitar 4 cm dan biasanya ditemukan  di Atlantik Utara dan Laut Utara dari Portugal ke Norwegia , yang juga di Laut Mediterania.
Dinamakan kepiting bertopeng karena karapas kepiting ini menyerupai wajah manusia.


2. Grey swimming crab



Grey swimming crab (kepiting abu abu renang) ini memiliki nama latin atau nama ilmiah Liocarcinus vernalis.



3. Circular crab



Circular crab ( kepiting melingkar ) ini memiliki nama latin atau nama ilmiah (Atelecyclus rotundatus). Selain disebut Circular crab, kepiting ini juga meiliki banyak nama umum seperti misalnya round crab ( kepiting bulat ) dan old man’s face crab ( kepiting berwajah orang tua ).


Kepiting ini biasa dijumpai di pantai barat Eropa dan Afrika serta hampir semua Laut Mediterania dan di pulau Cape Verde dan pulau Canary.


4. Geocarcinus ruricola



Gecarcinus ruricola ini memiliki nama latin atau nama ilmiah Gecarcinus ruricola. Dan merupakan dari jenis jenis kepiting darat. Kepiting ini sebagian besar ditemukan di Karibia.


Nama nama lain untuk kepiting ini adalah purple land crab ( kepiting tanah ungu ), black land crab ( kepiting tanah hitam ), red land crab ( kepiting tanah merah ) dan zombie crab ( kepiting zombie ).


5. Arrow crab



Arrow crab ( kepiting panah) ini memiliki nama latin Stenorhynchus seticornis.  Kepiting ini merupakan jenis kepiting laut dan hidup di terumbu karang dengan kedalaman 3 m hingga 9 m. Pada umumnya kepiting ini ditemukan di barat dan timur Samudera Atlantik , dari North Carolina dan Bermuda ke Brazil , termasuk seluruh Laut Karibia.


Kepiting ini juga sangat umum dipelihara di akuarium untuk mengontrol populasi cacing bulu.


6 Sally Lightfoot crab



Kepiting Sally Lightfoot crab memiliki nama latin ( Percnon gibbesi ), kepiting ini pada umumnya ditemukan di Samudera Atlantik dan di Pacific pantai Amerika Utara. Selain Sally Lightfoot crab kepiting ini juga disebut dengan nama nimble spray crab atau urchin crab. Dan juga sebagai kepiting hias.



7. Grapsus grapsus



Jenis kepiting Grapsus grapsus ini paling banyak ditemukan di sepanjang pantai barat Amerika. Selain Grapsus grapsus juga dikenal dengan nama red rock crab,  abuete negro.



8. Thumbnail crab



Kepiting Thumbnail crab memiliki nama ilmiah atau nama latin (  Thia scutellata ). Inilah satu satunya jenis kepiting laut yang karapasnya menyerupai kuku ibu jari. Kepiting ini banyak ditemukan di Laut Utara , utara-timur Atlantik dan Laut Mediterania.



9. Japanese spider crab (Kepiting laba-laba Jepang)



Kepiting Japanese spider crab (Kepiting laba-laba Jepang) memiliki nama ilmiah atau nama latin (  Macrocheira kaempferi ). Dalam bahasa jepeng kepiting ini disebut takashigani. Dan termasuk jenis kepiting paling enak di jepang.



10. Atlantic ghost crab ( Kepiting hantu atlantik)



Kepiting Atlantic ghost crab ( Kepiting hantu atlantik) memiliki nama ilmiah atau nama latin Ocypode quadrata. Kepiting ini umumnya banyak ditemukan di sepanjang Atlantik pantai dari Amerika Serikat.



11. Atlantic marsh fiddler crab



Kepiting Atlantic marsh fiddler crab memiliki nama ilmiah atau nama latin ( Uca pugnax ) dan paling banyak dijumpai di pantai timur Amerika Serikat.



12. Three teeth Pipa crab



Kepiting Three teeth Pipa crab memiliki nama ilmiah atau nama latin Lyreidus tridentatus.



13. Back foot frog crab



Kepiting Back foot frog crab memiliki nama ilmiah atau nama latin Notopus dorsipes.



14. Frog shaped crab


Kepiting Frog shaped crab memiliki nama ilmiah atau nama latin Ranina ranina.



15. Eastern froglet crab



Kepiting Eastern froglet crab memiliki nama ilmiah atau nama latin Ranilia orientalis.



16. Bionic crab



Kepiting Bionic crab memiliki nama ilmiah atau nama latin Raninoides sp.



17. Calico crab



Kepiting Calico crab memiliki nama ilmiah atau nama latin Hepatus epheliticus. jenis kepiting ini banyak dijumpai di Chesapeake Bay selatan,  Teluk Meksiko ,  Jamaika dan Republik Dominika.



18. Blue crab, Atlantic blue crab



Blue crab, Atlantic blue crab memiliki nama ilmiah atau nama latin ( Callinectes sapidus ). Blue crab ini merupakan Jenis kepiting asli perairan barat Samudera Atlantik dan Teluk Meksiko. Dan termasuk jenis kepiting konsumsi di Amerika Serikat.



19. Japanese blue crab or horse crab, gazami crab, ( Kepiting Jepang biru )



Japanese blue crab or horse crab, gazami crab, ( Kepiting Jepang biru ) ini memiliki nama ilmiah atau nama latin ( Portunus trituberculatus ). Kepiting ini juga termasuk jenis kepiting konsumsi, dan pertahunya kepiting gazami ini ditangkap oleh nelayan sekitar  300.000 ton. Paling banyak kepiting ini di jumpai di lepas pantai Jepang , Korea , Cina dan Taiwan.



20. Asian paddle crab



Asian paddle crab ini memiliki nama ilmiah atau nama latin ( Charybdis japonica ). Pada umumnya kepiting ini ditemukan di perairan sekitar Jepang , Korea dan Malaysia , akan tetapi telah menjadi spesies invasif di Selandia Baru.



21. Kepiting Mediterania





Jenis jenis kepiting Bakau

22. Giant mangrove crab, giant mud crab



Giant mangrove crab, giant mud crab ini memiliki nama ilmiah atau nama latin ( Scylla serrata ). Jenis kepiting bakau ini banyak dijumpai di pantai-pantai Asia Timur, Tenggara, Selatan, hingga ke Laut Merah. Spesies ini tidak didapati di perairan Dangkalan Sunda.


23. Kepiting-bakau ungu (purple mangrove crab, purple mud crab)



Kepiting-bakau ungu (purple mangrove crab, purple mud crab) ini memiliki nama ilmiah atau nama latin Scylla tranquebarica. Jenis kepiting bakau ini banyak dijumpai di Asia Tenggara, terlebih di Kepulauan Sunda.


24. Kepiting-bakau jingga (orange mangrove crab, orange mud crab)



Kepiting-bakau jingga (orange mangrove crab, orange mud crab) ini memiliki nama ilmiah atau nama latin Scylla olivacea. Jenis kepiting bakau ini juga paling banyak ditemukan di Asia Tenggara, seperti misalnya di Thailand serta wilayah Dangkalan Sunda.



25. Kepiting-bakau hijau (green mangrove crab, green mud crab)



Kepiting-bakau hijau (green mangrove crab, green mud crab) ini memiliki nama ilmiah atau nama latin Scylla paramamosain. Jenis kepiting bakau ini juga banyak ditemukan di Asia Tenggara, dan yang paling banyak di bagian utara pesisir Laut Tiongkok Selatan dan sebagian wilayah Jawa.


Jenis Jenis Kepiting Air Tawar

26. Yuyu





Jenis Jenis Kepiting Beracun Dari Terumbu Karang Di Great Barrier Reef, Australia

27. Phymodius ungulatus





28. Pilodius areolatus





29. Leptodius sanguineus





30. Grapsus albolineatus





31. Thalamita stimpsoni















semoga bermanfaat..
terima kasih sudah mengunjungi..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar